Benarkah soft drink dapat menyebabkan kanker » benar. Selamat datang kembali di RubiAndriani.com, bahasan kali ini tentang “Benarkah soft drink dapat menyebabkan kanker?”. Sumber artikel dari: Kompas.com. Sekali lagi saya ucapkan semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi soft drink.Salam sehat.


Ternyata soft drink dapat menyebabkan kanker

Benarkah soft drink dapat menyebabkan kanker

Peringatan untuk Anda para penyuka minuman soda. Studi terkini menyebutkan, orang yang minum dua kaleng atau lebih minuman soft drink yang mengandung gula berisiko terkena kanker pankreas. Meski kasus kanker ini jarang tapi kanker pankreas termasuk mematikan.

Meski sama-sama mengandung gula, ternyata risiko kanker tersebut tidak ditemukan pada penyuka minuman jus buah. Ketua peneliti, Mark Pereira dari University of Minnesota, Amerika Serikat, berpendapat gula bisa jadi biang keladi penyakit, namun penyuka soft drink mungkin memiliki gaya hidup tidak sehat.

“Tingginya kadar gula dalam minuman bersoda mungkin meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang kami yakini menyebabkan pertumbuhan sel-sel kanker,” kata Pereira. Insulin, yang membantu tubuh mengatur glukosa dihasilkan di pankreas.

Sebanyak 60.000 pria dan wanita Singapura menjadi responden dalam penelitian yang dilakukan selama 14 tahun ini. Selama periode tersebut 140 responden menderita kanker pankreas. Mereka yang minum dua kaleng atau lebih soft drink setiap minggu memiliki risiko 87 persen lebih tinggi pada penderita kanker pankreas.

Meski dilakukan di negara kecil, namun Pereira mengatakan hasil studi ini bisa diaplikasikan di negara lain. “Singapura adalah negara kaya dengan sistem kesehatan yang baik. Kegemaran penduduknya adalah makan dan belanja, sehingga hasil riset ini juga bisa dipakai oleh penduduk di negara Barat,” katanya.

Susan Mayne dari Yale Cancer Center dari Yale University, AS, memberikan pandangan berbeda pada hasil penelitian ini. “Kesimpulannya dibuat pada contoh kasus yang kecil dan tidak jelas apakah ada hubungan sebab akibat,” katanya.

Mayne menyatakan, kanker disebabkan oleh multifaktor, tidak bisa disebutkan satu faktor saja. “Tingginya konsumsi soft drink di Singapura juga diikuti dengan kebiasaan buruk lain seperti merokok dan makan daging,” ujarnya. Beberapa literatur menyatakan kanker pankreas berkaitan dengan konsumsi daging merah.


Salam sehat …

» soft drink dapat menyebabkan kanker «