Kapan osteoporosis mulai menyerang wanita? Salam sehat semua :). Kali ini dibahas mengenai Kapan osteoporosis mulai menyerang wanita. Artikel ini bersumber dari Suara Pembaruan Online, Jumat, November 2007. Yang bisa saya katakan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat menangkis serangan dari osteoporosis. 😀

——————————

Osteoporosis menyerang wanita sejak usia muda

Kapan osteoporosis mulai menyerang wanita[JAKARTA] Satu dari tiga perempuan dan satu dari lima pria di Indonesia terserang osteoporosis atau keropos tulang. Penyakit ini ternyata menyerang perempuan sejak masih muda akibat berkurangannya hormon estrogen.

Saat ini jumlah penderita osteoporosis di Indonesia pun kini jauh lebih besar dari data terakhir Depkes, yang mematok angka 19,7 persen dari seluruh penduduk dengan alasan perokok di negeri ini urutan kedua di dunia setelah Tiongkok-China.

“Mereka yang terserang rata-rata berusia di atas 50 tahun. Lebih dari 50 persen keretakan osteoporosis pinggang di seluruh dunia kemungkinan terjadi di Asia pada 2050. Prevalensi osteoporosis pada umur kurang dari 70 tahun untuk perempuan sebanyak 18-36 persen, sedangkan pria 20-27 persen, untuk umur di atas 70 tahun untuk perempuan 53,6 persen dan pria 38 persen,” ujar Prof. Dr. Ichramsjah Rachman, Ketua Persatuan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) di Jakarta, Kamis (1/11) menyambut hari osteoporosis dunia.

Menurut Ichramsjah, dalam jurnal kesehatan internasional disebutkan untuk di dunia satu di antara tiga perempuan di atas usia 50 tahun dan satu di antara lima pria di atas 50 tahun menderita osteoporosis. Penderita osteoporosis di Eropa, Jepang, Amerika sebanyak 75 juta penduduk, sedangkan Tiongkok 84 juta penduduk.

Kematian

Dikatakan, sekarang ini ada 200 juta penderita osteoporosis di seluruh dunia. Risiko kematian akibat patah tulang panggil Sama dengan kanker saudara. Penyakit osteoporosis adalah berkurangnya kepadatan tulang yang progresif, sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Disebutkan, tulang terdiri dari mineral-mineral seperti kalsium dan fosfat, sehingga tulang menjadi keras dan padat. Jika tubuh tidak mampu mengatur kandungan mineral dalam tulang, tulang menjadi kurang padat dan lebih rapuh, sehingga terjadilah osteoporosis,” paparnya.

——————————

Informasi menarik lainya mengenai produk kesehatan yang luar biasa klik di sini: produk jus kulit manggis xamthone plus

Salam sehat …

 😀 Kapan osteoporosis mulai menyerang wanita? 😀